Jangan Mau Jadi Orang yang Ditakuti!

Kenapa setiap orang bertingkah berbeda-beda di depan umum? Kenapa selalu ada yang berusaha menonjolkan diri? Kenapa ada yang saling menjatuhkan? Dan yang paling parah, kenapa ada orang yang merasa bahwa aku harus takut sama dia? Kenapa dia sok garang?

Well, tadi teman aku curhat, karena dia selalu merasa dipojokkan. Pertama-tama aku hibur dulu dia
Aku juga diperlakukan seperti itu, kok
 Lantas dia bertanya, kenapa ada orang yang merasa dirinya harus 'ditakuti' orang lain. Aku jawab aja, karena dia ingin dihormati. Memang konyol kedengarannya, orang bersikap garang dan sangar supaya dihormati, padahal yang ada dia malah jadi ditakuti.

Aku pernah mendapat doktrin "Jangan pernah tersenyum di depan adik kelas, apalagi tertawa, apalagi mengajak mereka bercanda. Jangan pernah!" Menurutku, doktrin ini benar-benar konyol. Ini aku berikan 1001 bukti mengapa kita sebaiknya tidak tampil sangar dan menakutkan di depan orang lain.
 
1. Suatu saat, mungkin kita akan perlu bantuan orang lain.

Kalau orang-orang di lingkunganku memang ada saja yang merasa bahwa dia adalah orang yang paling ditakuti di sekitar, dan harus jadi yang paling ditakuti. Kan konyol aja kalau suatu saat dia minta tolong ke orang lain. Selama ini tampil sangar, tapi ujung-ujungnya minta bantuan. Ogah ada yang mau memberi pertolongan. Kalau aku ya, kalau ada aja orang minta tolong padahal selama ini dia bersikap tidak bersahabat, aku akan jawab "Jilat itu angin!". Kalau dia mau mengancam, silakan saja. Supaya lain waktu dia sadar, dia bukan manusia yang paling hebat.

2. Kalaupun ada yang mau menolong, pasti tidak maksimal.

Ini sudah terbukti. Bilanglah ada teman sekelas saya yang cukup ditakuti adik kelas. Kami berdua sama-sama suka musik. Then, ada adik kelas yang jago main biola. Dia minta diajarin sama adik kelas itu. Aku perhatikan cara adik kelasku itu mengajar. Suatu ketika, aku juga minta diajarin sama adik kelasku. Dan aku bisa melihat perbedaan perlakuan dari adik kelasku.

3. Kalau udah dendam, rasakan sendiri!

Ini kalau udah parah. Misalnya si X ingin ditakuti semua orang di kelasnya. Karena ada yang merasa dia tidak perlu takut pada si X, si X pun jadi berlaku kasar. Akhirnya, semua menjadi dendam. Bayangkan aja hal yang paling sederhana, misalnya X tidak punya pena. Dijamin deh, yang sudah dendam padanya tidak akan mau membantu. Kapanpun.

4. Pergaulan tidak luas

Siapa juga yang mau berteman sama orang yang kasar dan merasa dirinya perlu ditakuti. No way!

Mungkin itulah 4 dari 1001 alasan kenapa kita gak boleh bersikap aneh supaya ditakuti orang lain. Selemah-lemahnya seseorang, kalau dia memegang pisau, dia bisa jadi orang yang berbahaya. Sekuat-kuatnya seseorang, kalau dia sudah dibelenggu oleh sekutu, pasti tumbang jua.
Previous
Next Post »