Bagaimana tidak? Konten adalah satu-satunya alasan bagi orang lain untuk mau datang mengunjungi, melihat, dan membaca blog kamu. Kalau diperhatikan, seorang blogger sukses pada umumnya membutuhkan waktu sekitar 2 hari untuk menyelesaikan sebuah konten, dan ternyata memakan waktu yang lebih lama untuk mempromosikan kontennya.
Apa tujuannya? Traffik! Supaya mendapatkan pengunjung yang lebih banyak lagi. Mengutip perkataan dari PanduanIM, kamu memerlukan waktu 4 kali lipat lebih banyak untuk mempromosikan blog daripada membuat konten. Warbiyasah!
Coba kamu bayangkan! Ketika kamu mengklik tombol 'Publikasikan', berapa banyak orang di dunia ini yang sedang menulis hal yang sama dengan yang kamu tulis. Kalau konten kamu tidak ada istimewanya, lupakan sajalah! Karya anda hanya akan jadi penghias di halaman belakang pencarian Google. Menyedihkan sekali.
Ujung-ujungnya, karena konten yang kamu buat kurang promosi, akhirnya tidak ada yang mengunjungi blog kamu. Faktanya, banyak sekali blogger yang hengkang dan berbalik badan hanya karena blognya tidak ada yang mengunjungi. Itulah pentingnya sebuah promosi.
Celakanya, banyak sekali cara promosi konten yang tidak benar. Bukannya membawa pengunjung, jutru promosi yang salah bisa 'mencelakai' blog yang kamu tulis. Untuk itu, diperlukan cara yang halal dalam melakukan promosi di blog, supaya usaha yang kita lakukan ketika promosi tidak sia-sia dan membawa pengaruh yang kuat.
Kesalahan ketika sedang mempromosikan konten
Nah, sekarang saya ajak kamu untuk berganti posisi sebagai pengguna internet. Bagaimana perasaan kamu jika halaman facebook kamu dipenuhi dengan promosi yang tidak menarik, tidak berguna, dan ternyata setelah dibuka, isinya adalah sampah. Menyebalkan sekali!
Itulah mengerikannya promosi jika kita salah melangkah. Bisa-bisa, kita jadi dibenci orang lain. Intinya, pengguna internet tidak suka promosi, karena sangat mengganggu!
Jadi, dalam mempromosikan blog, kamu harus taat aturan supaya promosi yang kamu lakukan 'tidak mengganggu' pengguna internet. Ini lah dia cara simpel untuk mempromosikan blog dengan baik dan benar. Perlu diperhatikan bahwa simpel tidak sama dengan instan
Aturan dasar Promosi
1. Promosikan Konten, bukan Blog
Orang tidak butuh melihat blog kamu, mengagumi templatenya, melihat siapa penulisnya. Mereka tidak mencari itu! Yang orang-orang butuhkan adalah informasi. Darimana mereka bisa mendapat informasi? Dari konten yang telah kamu buat. Jadi, jangan sekali-kali mempromosikan blog dengan membagi-bagikan url homepage kamu. Itu sangat mengganggu! Jika ingin promosi, promosikan karya kamu. Promosikan informasi berharga yang susah payah kamu buat.
2. Jangan Menebar SPAM
Spam adalah sampah di internet yang dibenci semua orang. Apa itu spam?
SPAM adalah metode promosi dengan cara menyantumkan link situs yang ingin dipromosikan di banyak tempat dengan waktu yang singkat, dimana link yang dipromosikan bahkan tidak berkaitan sama sekali dengan apa yang sedang dibicarakan.
SPAM ini sangat mengganggu! Jangan sampai promosi yang kamu lakukan dianggap sebagai SPAM baik oleh pembaca maupun oleh Google. Sangat berbahaya! Kamu bisa dianggap melangar TOS (peraturan penggunaan) dan akhirnya, blog yang susah payah kamu buat bisa-bisa diblokir. Jadi, jangan sembarangan menyantumkan link blog kamu karena bukannya membawa pengunjung, justru membawa maut.
Jangan sia-siakan kunjungan yang datang ke blog kamu. Mereka tidak mencari informasi yang biasa. Mereka mencari sesuatu yang baru. Sesuatu yang spesial. Untuk itu, konten yang kamu buat harus berbobot. Harus bisa menyelesaikan masalah yang sedang dicari si pengunjung. Kalau kamu menyajikan konten lemah sebagai hidangan selamat datang bagi pengunjung, itu artinya kamu sudah membuang kesempatan besar. Ingat! Siapa saja berpeluang menjadi pembaca setia kamu.
Tips singkat untuk membuat konten berbobot :
- Jangan pernah paksakan diri kamu untuk menulis banyak konten dalam satu hari. Satu konten (yang baik) mungkin hanya bisa lahir setelah proses pembuatan selama sekitar dua hari. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa konten yang kamu buat adalah konten yang baik. Bukan yang asal jadi.
- Blog besar sekalipun bahkan hanya menerbitkan tulisan selama sekali seminggu.
- Jadikan tulisan kamu menyelesaikan masalah dari A sampai Z, jangan tanggung. Biarkan pengunjung mendapat informasi sebanyak mungkin hanya dengan membaca satu konten. Mereka akan jatuh cinta pada tulisan kamu.
Dengan link yang baik, konten yang baik, maka promosi kamu juga akan berjalan dengan baik.
Langkah Promosi Konten
1. Biarkan konten mempromosikan dirinya sendiri.
Maksudnya, kamu harus bisa mendesain konten yang mampu menarik perhatian banyak orang. Misalnya, setelah membaca judul konten kamu, orang langsung berpikir: sepertinya saya harus membaca ini sekarang juga. Atau yang lebih baik lagi: sepertinya teman saya juga harus baca. Dengan demikian, konten yang kamu buat akan mempromosikan dirinya sendiri. Kamu harus bisa membuat konten yang seperti itu. Perencanaannya bahkan harus ada sebelum konten dibuat.
Isi konten yang kamu buat juga tidak boleh asal. Harus memperhatikan tiga hal ini:
1. Akurat dan kredibel
Konten yang kamu buat harus terjamin kebenarannya. Misalnya kamu menulis tentang cara memperbaiki motor yang rusak, maka tulisan kamu harus bisa menyelesaikan masalah. Itu yang dinamakan tulisan yang kredibel.
2. Praktis
Isinya harus lengkap dan jauh dari kesan bertele tele.
3. Memancing emosi (baik positif maupun negatif)
Misalnya anda mengungkap sesuatu yang selama ini dianggap benar, namun ternyata adalah salah atau tidak sepenuhnya benar.
Cobalah menampilkan data berupa gambar, grafik, atau tabel, supaya konten yang kamu buat menjadi semakin meyakinkan.
2. Berikan ruang untuk mereka yang memberi perhatian khusus.
Jika ada orang yang senang dengan konten yang kamu buat, berikan tempat khusus bagi mereka. Buatlah kolom subscriber bagi mereka yang ingin melihat konten karya kamu. Bayangkan jika ada 100 orang yang mengunjungi blog kamu hari ini dan satu saja diantara mereka senang dengan konten kamu, maka kamu tidak akan kesulitan lagi untuk mencari pemirsa. Itulah manfaat dari kolom subscriber.
3. Tambahkan Follower dari Sosmed
Nah, cara inilah yang paling mudah, murah, namun sayangnya, banyak yang melakukan kesalahan ketika mencari traffik dari media sosial.
Apa kesalahannya?
Para penulis blog mempromosikan blog mereka lewat akun pribadi. Sebanyak apapun teman kamu di FB, atau pengikut kamu di twitter, paling-paling hanya beberapa orang yang tergerak untuk memberi respon. Pun kalau direspon, paling hanya sekadar like atau retweet. Kemudian apa? Tidak ada! Hanya sampai disana.
Mengapa target promosi anda tidak memberi respon lebih lanjut. Karena mereka tidak tertarik. Tidak semua orang tertarik dengan apa yang kamu tulis, tapi pasti ada orang yang tertarik di tempat lain. Tugas berat kamu adalah : promosikan lewat media sosial kepada orang yang tertarik.
Ilustrasinya seperti ini. Bayangkan jika kamu promosikan produk permen kepada kaum lansia, apakah mereka akan tertari? Jangankan untuk memberi respon, jangan-jangan mereka malah terganggu dengan promosi produk permen kamu. Jika para lansia tidak suka permen, apakah itu artinya tidak ada yang suka pada permen? Bukan! Coba promosikan permen kamu kepada anak-anak. Pasti laris manis.
Kira-kira seperti itulah promosi yang dilakukan di Sosial Media. Promosikan tulisan kamu kepada orang yang 'paling mungkin' untuk tertarik membukanya. Percuma kamu share jutaan kali kalau yang melihat adalah orang-orang yang tidak tertarik. Justru itu yang memancing kamu akan dianggap sebagai spam. Sadis bukan?
Solusi dari kesalahan ini adalah : buat page sendiri di FB, dan promosikan di forum yang berkaitan
Buat sendiri laman tentang blog kamu, buat tombol 'Like us on FB' di blog kamu. Dengan demikian, promosi yang kamu lakukan akan tepat sasaran. Membawa dampak baik bagi audiens dan memberi traffik yang lumayan untuk kamu.
Ketika ingin share link kamu ke FB, jangan terus-terusan membagi-bagikan link. Ingat, promosi yang kita lakukan harus 'licin' supaya orang datang berkunjung dengan senang hati. Lakukan resep 1:1:1 ketika sedang promosi di media sosial. APa saja resepnya? 1x membagikan link milik orang lain, 1x membagikan link milik sendiri, dan 1 kali membagikan artikel tanpa ada link. Dengan demikian, pengikut kamu di media sosial tidak akan jenuh dengan postingan kamu.
Ingat satu hal, Gambar bisa menjelaskan sesuatu yang tak dapat dijelaskan kata-kata. Gambar memiliki taya pikat magis yang bisa kamu manfaatkan untuk menarik audiens. Selalu sertakan gambar yang mendukung di tiap share kamu di sosial media. Pilihlah gambar yang paling menarik, yang menimbulkan kesan penasaran ke orang-orang yang membacanya.
4. Andalkan sifat manusia yang suka dipuji.
Lha. blogger itu manusia kan? Mana ada manusia di dunia ini yang tidak suka dipuji. Pujilah seorang blogger yang menulis hal yang sama dengan kamu di blog kamu. Ajak dia bertukar pendapat lewat sosial media, lalu hasil pembicaraan kalian kamu kupas secara menarik di blog kamu. Berikan sanjungan dan langkah selanjutnya : promosikan kepada orang yang kamu puji tadi. Memang benar sih, ini terkesan seperti ada udang dibalik batu, tapi kalau kalian sama-sama diuntungkan, tidak masalah, kan?
Prinsipnya : segala sesuatu akan lebih mudah jika dikerjakan bersama
Kamu promosikan blognya di tempat kamu, dan begitu juga sebaliknya. Ini adalah hubungan paling harmonis seorang blogger. Kalau kamu punya partner untuk bekerja sama semacam ini, tulisan kamu pasti langsung kebanjirang pengunjung. Backlink yang kamu dapat juga adalah backlink berkualitas.
Tips memilih teman untuk diajak kerjasama :
1. Kalian harus meminati bidang yang sama. Kurang pas kalau seorang food blogger mempromosikan tulisan blogger klub robot di blognya. Kan tidak nyambung.
2. Kalian harus selevel. Seorang blogger harus sadar apakah dia tergolong newbie, senior, atau pro. Jangan sekali-kali seorang newbie mengajak seorang pro (yang tidak dikenal) untuk bekerja sama, karena mereka yang sudah ahli sesungguhnya tidak lagi memerlukan bantuan kamu untuk mempromosikan tulisan mereka. Mereka sudah punya audiens sendiri. Ingat, harus yang selevel (atau bolehlah yang dibawah kita) supaya tidak menggangu.
3. Kamu harus mau mengalah. Dalam hal ini, kamu harus lebih dahulu menulis tentang orang lain (pujilah seorang manusia maka mereka akan melakukan apa saja untukmu) Manfaatkan sifat ini.
Ini adalah cara jitu untuk membagun hubungan dengan blogger lain.
3. Tambahkan Follower dari Sosmed
Nah, cara inilah yang paling mudah, murah, namun sayangnya, banyak yang melakukan kesalahan ketika mencari traffik dari media sosial.
Apa kesalahannya?
Para penulis blog mempromosikan blog mereka lewat akun pribadi. Sebanyak apapun teman kamu di FB, atau pengikut kamu di twitter, paling-paling hanya beberapa orang yang tergerak untuk memberi respon. Pun kalau direspon, paling hanya sekadar like atau retweet. Kemudian apa? Tidak ada! Hanya sampai disana.
Mengapa target promosi anda tidak memberi respon lebih lanjut. Karena mereka tidak tertarik. Tidak semua orang tertarik dengan apa yang kamu tulis, tapi pasti ada orang yang tertarik di tempat lain. Tugas berat kamu adalah : promosikan lewat media sosial kepada orang yang tertarik.
Ilustrasinya seperti ini. Bayangkan jika kamu promosikan produk permen kepada kaum lansia, apakah mereka akan tertari? Jangankan untuk memberi respon, jangan-jangan mereka malah terganggu dengan promosi produk permen kamu. Jika para lansia tidak suka permen, apakah itu artinya tidak ada yang suka pada permen? Bukan! Coba promosikan permen kamu kepada anak-anak. Pasti laris manis.
Kira-kira seperti itulah promosi yang dilakukan di Sosial Media. Promosikan tulisan kamu kepada orang yang 'paling mungkin' untuk tertarik membukanya. Percuma kamu share jutaan kali kalau yang melihat adalah orang-orang yang tidak tertarik. Justru itu yang memancing kamu akan dianggap sebagai spam. Sadis bukan?
Solusi dari kesalahan ini adalah : buat page sendiri di FB, dan promosikan di forum yang berkaitan
Buat sendiri laman tentang blog kamu, buat tombol 'Like us on FB' di blog kamu. Dengan demikian, promosi yang kamu lakukan akan tepat sasaran. Membawa dampak baik bagi audiens dan memberi traffik yang lumayan untuk kamu.
Ketika ingin share link kamu ke FB, jangan terus-terusan membagi-bagikan link. Ingat, promosi yang kita lakukan harus 'licin' supaya orang datang berkunjung dengan senang hati. Lakukan resep 1:1:1 ketika sedang promosi di media sosial. APa saja resepnya? 1x membagikan link milik orang lain, 1x membagikan link milik sendiri, dan 1 kali membagikan artikel tanpa ada link. Dengan demikian, pengikut kamu di media sosial tidak akan jenuh dengan postingan kamu.
Ingat satu hal, Gambar bisa menjelaskan sesuatu yang tak dapat dijelaskan kata-kata. Gambar memiliki taya pikat magis yang bisa kamu manfaatkan untuk menarik audiens. Selalu sertakan gambar yang mendukung di tiap share kamu di sosial media. Pilihlah gambar yang paling menarik, yang menimbulkan kesan penasaran ke orang-orang yang membacanya.
4. Andalkan sifat manusia yang suka dipuji.
Lha. blogger itu manusia kan? Mana ada manusia di dunia ini yang tidak suka dipuji. Pujilah seorang blogger yang menulis hal yang sama dengan kamu di blog kamu. Ajak dia bertukar pendapat lewat sosial media, lalu hasil pembicaraan kalian kamu kupas secara menarik di blog kamu. Berikan sanjungan dan langkah selanjutnya : promosikan kepada orang yang kamu puji tadi. Memang benar sih, ini terkesan seperti ada udang dibalik batu, tapi kalau kalian sama-sama diuntungkan, tidak masalah, kan?
Prinsipnya : segala sesuatu akan lebih mudah jika dikerjakan bersama
Kamu promosikan blognya di tempat kamu, dan begitu juga sebaliknya. Ini adalah hubungan paling harmonis seorang blogger. Kalau kamu punya partner untuk bekerja sama semacam ini, tulisan kamu pasti langsung kebanjirang pengunjung. Backlink yang kamu dapat juga adalah backlink berkualitas.
Tips memilih teman untuk diajak kerjasama :
1. Kalian harus meminati bidang yang sama. Kurang pas kalau seorang food blogger mempromosikan tulisan blogger klub robot di blognya. Kan tidak nyambung.
2. Kalian harus selevel. Seorang blogger harus sadar apakah dia tergolong newbie, senior, atau pro. Jangan sekali-kali seorang newbie mengajak seorang pro (yang tidak dikenal) untuk bekerja sama, karena mereka yang sudah ahli sesungguhnya tidak lagi memerlukan bantuan kamu untuk mempromosikan tulisan mereka. Mereka sudah punya audiens sendiri. Ingat, harus yang selevel (atau bolehlah yang dibawah kita) supaya tidak menggangu.
3. Kamu harus mau mengalah. Dalam hal ini, kamu harus lebih dahulu menulis tentang orang lain (pujilah seorang manusia maka mereka akan melakukan apa saja untukmu) Manfaatkan sifat ini.
Ini adalah cara jitu untuk membagun hubungan dengan blogger lain.
5. Berterima kasih secara pribadi kepada mereka yang memberi respon pada konten anda
Ya, berterimakasihlah pada orang yang sudah like, atau sekadara berkomentar, atau bertanya kepada anda melalui blog. Berterimakasihlah secara pribadi (dalam artian, hanya kalian berdua yang tahu hal ini). Cara ini akan membuat pengunjung kamu merasa seperti diperhatikan. Semua orang suka itu! Pengunjung akan merasa spesial di mata kamu dan mereka pasti akan kembali di suatu waktu nanti.
Itulah cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan konten blog agar jadi ramai pengunjung. Jika ada yang mau menambahkan, silakan berkomentar. Selamat mencoba.
Ya, berterimakasihlah pada orang yang sudah like, atau sekadara berkomentar, atau bertanya kepada anda melalui blog. Berterimakasihlah secara pribadi (dalam artian, hanya kalian berdua yang tahu hal ini). Cara ini akan membuat pengunjung kamu merasa seperti diperhatikan. Semua orang suka itu! Pengunjung akan merasa spesial di mata kamu dan mereka pasti akan kembali di suatu waktu nanti.
Itulah cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan konten blog agar jadi ramai pengunjung. Jika ada yang mau menambahkan, silakan berkomentar. Selamat mencoba.
EmoticonEmoticon