Cara Agar Website / Blog Muncul atau Tampil di Halaman Pertama Google

Seorang blogger, atau spesifiknya, seseorang yang berusaha menghasilkan uang dari blog pasti sudah memahami benar bahwa traffik/kunjungan ke blog adalah hal yang sangat penting.

Di sisi lain, kita tahu, bahwa jalannya pengunjung bisa datang dan mengunjungi blog kita adalah dengan melalui bantuan mesin pencari. Mari kita fokuskan permasalahan pada mesin pencari yang terbesar : Google.

Melalui batuan mesin pencari, blog bisa menjadi ramai di kunjungi orang. Inilah alasannya mengapa setiap orang pasti menginginkan website atau blog yang dibuatnya bisa muncul atau tampil di halaman pertama pencarian Google.

Minimal harus bisa tampil di halaman pertama Google. Mengapa? Karena jarang sekali ada orang yang mau membalik hasil pencarian di Google ke halaman dua, tiga, dan seterusnya.

Pertanyaan besarnya adalah : Bagaimana cara membuat blog atau website muncul di halaman pertama google.



Ambil permisalan. Misalnya seseorang ingin mencari 'cara mengatasi rambut rontok'. Maka, supaya blog kita bisa tampil atau muncul di halaman pertama Google, kita harus menguasai terlebih dahulu kata kunci/ keyword cara mengatasi rambut rontok. Dengan demikian, setiap ada yang mengetikkan kata kunci itu di Google, blog/website kita akan muncul di halaman pertama.

Perlu kamu ketahui :

Menguasai kata kunci atau keyword sudah dikategorikan dalam kemampuan SEO
Maka, jika kamu bertanya-tanya apa itu SEO, permisalan yang diatas adalah definisi sederhananya.

Cara Agar Blog Muncul di Halamn Pertama Pencarian Google
Cara Agar Blog Muncul di Halaman Pertama Pencarian Google

 Cara Agar Website atau Blog Muncul di Halaman Pertama Pencarian Google

Pertama yang perlu kamu lakukan, tentukan keyword yang hendak dikuasai

Tentu saja kamu tidak bisa menguasai semua keyword. Mungkin beberapa keyword memiliki maksud dan tujuan yang sama, namun jika keyword yang dimasukkan ke Google berbeda, maka mungkin hasilnya juga berbeda.

Kita ambil contoh : Resensi Buku Seperti Sungai yang Mengalir, Resensi Buku Seperti Sungai yang Mengalir Karya Paulo Coelho, Resensi Seperti Sungai yang Mengalir

Cobalah masukkan kata kunci itu secara bergantian di Google, maka urutan blog/website yang muncul di halaman pertama juga akan berbeda-beda. Padahal, jika dipikir-pikir, yang dicari pengunjung di Google tetaplah sama, yakni resensi buku yang berjudul Seperti Sungai yang Mengalir.

Lihat hasil pencarian di Google:

Jika keyword yang dimasukkan berbeda satu kata saja, maka hasil pencarian di Google juga bisa berbeda.





Untuk itu, kamu harus bisa menentukan keyword/kata kunci yang hendak kamu kuasai. Saya sarankan gunakan keyword yang terdiri dari 4-5 kata, karena semakin sedikit katanya, maka persanginannya semakin berat. Namun di sisi lain, semakin panjang keywordnya, maka semakin kecil peluangnya untuk dicari orang. Alasannya sederhana : orang tak mungkin mengetik panjang-panjang di kolom pencarian Google.

Jika kamu sudah menemukan keyword yang mungkin banyak dicari orang, mulailah menulis konten (artikel) untuk menguasai keyword tersebut.

Namun ironisnya, semakin banyak dicari orang, maka persaingan untuk menguasai keyword juga akan semakin berat. Untuk mengatasi ini, kamu harus membuat konten yang berkualitas, kaya, unik, dan bermanfaat.

Selain membuat konten yang berkualitas, lakukanlah hal ini supaya blog kamu bisa tampil atau muncul di halaman pertama pencarian Google.

1. Letakkan keyword yang hendak dikuasai di judul konten / postingan

Kamu tadinya sudah menentukan keyword yang hendak dikuasai, maka kamu wajib meletakkan keyword itu di judul postingan. Misalnya keyword yang kamu ingin kuasai adalah : cara membuat cakwe enak, maka judul artikel atau postingan yang kamu buat harus mengandung empat kata tersebut. Contohnya : Resep dan Cara Membuat Cakwe yang Enak.

2. Letakkan keyword di URL postingan

Bagaimana cara meletakkan keyword di URL postingan? Ketika menulis artikel tersebut, klik Tautan Permanen di sisi kanan bloger anda, lalu ketikkkan keyword yang hendak dikuasai. Untungnya, kebanyakan blog bisa membuat URL otomatis berdasarkan judul. Namun jika judul kamu terlalu panjang maka kamu harus memasukkan keyword ke URL secara manual.

Cara membuat tautan khusus
Memasukkan Keyword ke URL
3. Letakkan keyword di 100 kata pertama pada artikel 

Yang selanjutnya, ketika sedang menulis artikel yang berkualitas, maka penting bagi kamu untuk meletakkan keyword yang hendak dikuasai di 100 kata pertama. Misalnya, pada paragraf pembuka. Ini contohnya :

Cakwe adalah roti olahan yang berasal dari Cina. Cara membuat cakwe yang enak dan gurih sangat mudah! Ibu juga bisa membuat cakwe yang enak dan gurih di rumah. Resep dan bahan juga tidak sulit. 
Begitulah kira-kira.

Sebenarnya, semakin banyak keyword tersebut muncul di 100 kata pertama, maka hasilnya akan lebih baik. Namun jika pengunjung membaca tulisan yang sama berkali-kali, mereka akan bosan.

4. Artikel panjang lebih baik

Google sangat menyukai artikel yang panjang karena identik sekali dengan konten yang berkualitas dan tidak asal-asalan. Selain itu, perulangan keyword di dalam postingan juga mempengaruhi penguasaan kamu terhadap keyword tersebut. Meskipun tidak berada di 100 kata pertama, keyword yang tertulis di dalam postingan juga mempengaruhi muncul atau tidaknya blog kamu di halaman pertama Google.

Cobalah menulis artikel 700 kata ke atas. Banyak sekali blogger sukses yang saya temui menganjurkan hal ini.

5. Pastikan URL terindeks Google

Apa maksudnya URL terindeks Googel?

URL yang terindeks artinya URL tersebut telah terdaftar di dalam mesin pencari, sehingga pengunjung bisa menemukannya di Google.

Sederhananya, jika URL tidak terindeks, maka mustahil blog anda bisa muncul di Google, apalagi di halaman pertama.

Untuk pengguna Blogger, mungkin URL akan otomatis terindeks ke Google, namun kita perlu memastikannya dengan mendaftarkan URL ke Google secara manual.

Pilihlah link postingan atau artikel yang hendak didaftarkan. Saya anjurkan, kamu melakukan pendaftaran ini sesegera mungkin setelah artikel diterbitkan. Copy linknya, lalu masukkan ke kotak yang tersedia pada formulir pengindeks Google.

Selesaikan Chaptchanya, lalu klik Submit Request.

Dalam waktu singkat ke depan, tulisan yang kamu buat pasti sudah terindeks ke Google.

6. Sertakan gambar yang relevan

Sangat dianjurkan menyertakan minimal satu gambar pada postingan anda. Hal ini akan mempengaruhi nilai konten kamu di mata Google. Jangan lupa tambahkan caption dan alt text. Cara memasang alt text di Blogger adalah dengan cara mengklik gambar yang diinginkan (ketika sedang menulis postingan/artikel) lalu pilih Properties. Akan tersedia dua kotak, isilah keyword yang hendak dikuasai di kedua kotak tersebut.

Ingat, orang tidak hanya mencari artikel di Google. Ada juga yang hanya sekadar mencari gambar. Gambar yang kamu postingkan juga bisa menjadi penghubung antara pembaca dengan blog atau website kamu. Karena itu, gambar juga turut mempengaruhi munculnya blog kamu di halaman pertama Google.

7. Sertakan video

Alasannya tidak jauh beda dengan menyertakan gambar. Bahkan, video bisa menaikkan nilai postingan kamu jadi jauh lebih tinggi. Namun, jika tidak diperlukan, lebih baik tidak dipasang.

9. Pasang Internal Link

Mungkin saja artikel atau postingan yang sedang kamu tulis memiliki hubungan dengan artikel lain yang sudah pernah kamu tulis sebelumnya. Tidak ada salahnya menyertakan satu link internal yang relevan.

Apa itu internal link?

Internal link adalah link yang dipasang di suatu artikel atau postingan, yang jika di klik akan mengarah ke artikel lain di blog yang sama

Internal link ini sedikit banyak akan mempengaruhi muncul atau tidaknya blog kamu di halaman pertama Google.

10. Pasang Eksternal Link

Jika internal link itu menuju ke blog yang sama, maka eksternal link akan menuju ke postingan lain yang berasal dari blgo lain pula. Ada yang beranggapan Eksternal Link ini akan merusak citra kamu di hadapan pembaca. Namun sesungguhnya, menambahkan eksternal link yang relevan di blog kamu justru akan membatu pembaca untuk mencari informasi lebih lengkap, sekaligus menaikkan martabat kamu di Google.

Namun eksternal link tidak perlu terlalu banyak. Bisa justru berdampak buruk.

11. Gunakan Bullet, Tabel, Bold, Italic, dan Perpaduan Warna

Selain membantu pembaca kamu untuk mengerti tulisan yang kamu buat, penggunaan fitur diatas juga berpengaruh baik terhadap penguasaan keyword yang sedang kamu kerjakan.

12. Lakukan Promosi

Sesungguhnya, inilah bagian yang paling penting. Tidak memungkinkan bagi saya untuk menjelaskan cara melakukan promosi yang baik dan benar di postingan ini. Langkah untuk melakukan promosi bisa kamu baca di : Cara Simple Melakukan Promosi Blog agar Mendapatkan Pengunjung.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya blog atau website kamu bisa muncul atau tampil di halaman pertama Google, namun tetap pada dasarnya : hanya artikel berkualitas yang mampu muncul dan tampil di halaman pertama Google.

Sekian.

Jika ingin berdiskusi, silakan berkomentar!
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar